Tata ruang di dalam rumah mungil memerlukan siasat khusus agar tampil maksimal. Salah satu yang terpenting untuk memaksimalkan ruang tersebut ialah dengan memilih dan mengatur tempat penyimpanan (storage) secara tepat. Tidak semua jenis furnitur dapat diaplikasikan untuk desain storage modern minimalis. Ada beberapa jenis konsep storage yang perlu anda kenali.

 

memaksimalkan-ruang-dengan-storage-modern-minimalisTata ruang di dalam rumah mungil memerlukan siasat khusus agar tampil maksimal. Salah satu yang terpenting untuk memaksimalkan ruang tersebut ialah dengan memilih dan mengatur tempat penyimpanan (storage) secara tepat. Storage merupakan kebutuhan dalam setiap rumah, baik untuk penyimpanan pakaian, barang, buku, maupun aksesoris. Tidak semua jenis furnitur dapat diaplikasikan untuk desain storage modern minimalis.

 

Ada beberapa jenis konsep storage modern minimalis, di antaranya storage fleksibel, storage estetik-ekspos, tersembunyi, dan konsep campuran. Tipe storage fleksibel merupakan jenis storage yang banyak dibutuhkan oleh penghuni rumah mungil karena dapat berubah bentuk, dapat dikemas dan dibuka. Peletakan dan posisinya tidak akan mengganggu fungsi ruang lainnya sehingga dapat memaksimalkan pemanfaatan ruang. Sedangkan tipe storage estetik-ekspos menekankan pada aspek keindahan yang juga berfungsi sebagai furnitur pada desain interior. Karenanya, biasanya sering diletakkan di tempat yang mudah dilihat dan dijangkau.

Storage tersembunyai sesuai namanya selalu diletakkan secara tersembunyi atau berada di tempat yang tidak terduga, misalnya ditanam di dalam dinding. Barang-barang yang tidak diinginkan untuk dilihat dapat diletakkan pada storage tipe ini. Manfaat lainnya, Anda dapat menciptakan desain rumah yang terlihat “bersih” dan berkesan minimalis. Sementara pada tipe storage campuran, yaitu berupa kombinasi dari beberapa tipe storage di atas. Misalnya, Anda dapat menggabungkan estetika dan fleksibel di dalam kamar tidur.

Salah satu contoh dari konsep storage fleksibel, Anda dapat menyulap ruang TV di dalam kabinet sehingga lebih simpel, efisien, dan praktis. Perhatikan gambar di bawah ini.

desain-storage-minimalis-fleksible

Pada gambar di atas, desain TV kabinet yang menggunakan bentuk persegi panjang sederhana ini dapat dibuka dengan cara menggeser bagian depan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan CD/DVD atau sebagai rak buku. Pada bagian depan juga terdapat kursi yang dapat ditarik keluar dengan bantalan kursi yang dapat dilipat dan dibuka pada saat ingin digunakan. Desain dengan konsep praktis ini cocok digunakan untuk Anda yang memiliki hunian mungil karena desain storage ini seolah-olah merupakan ruang TV, tetapi dikemas dalam sebuah kabinet.

Perhatikan contoh-contoh desain konsep lain berikut ini.

desain-storage-minimalis-fleksible-2 desain-storage-minimalis-expose
 desain-storage-minimalis-tersembunyi  desain-storage-minimalis-campuran

 

Dari keempat konsep di atas, Anda dapat menemukan semua contoh desain dan penjelasannya di dalam buku “Memaksimalkan Ruang dengan Storage Modern Minimalis” terbitan TransMedia Pustaka. Di dalam buku ini, Anda dapat menemukan beragam bentuk desain storage yang dapat dipilih dan diterapkan sesuai kebutuhan. Buku ini ditulis oleh Rosalyn Lohanda dan M. Ichlas Bayu P. menyajikan 30 desain storage modern minimalis, mulai dari permainan lemari, meja rias, ruang tv, kursi pohon, kubik rubiks, kamar tidur, meja kerja, rak sepatu, kitchen set, hingga kamar mandi. Setiap contoh desain dilengkapi gambar, denah lokasi, dan keterangan spesifikasi bahan dan harganya.