Terisolasi dalam kebun persik di South Carolina bersama seorang ayah yang menelantarkan dan bersikap kasar terhadapnya, Lily Owens yang berusia 14 tahun begitu merindukan ibunya, Deborah, yang telah lama meninggal dunia. Yang lebih buruk lagi, ayahnya, T. Ray, mengatakan bahwa dia lah yang tak sengaja membunuh ibunya.

Suatu saat, ibu asuh Lily, seorang wanita kulit hitam dan berkemauan teguh bernama Rosaleen, dipenjara karena menghina tiga orang paling rasis di kota tersebut. Lily bertekad kuat untuk membebaskannya dan melarikan diri berdua.

Mereka kabur ke Tiburon, South Carolina¬ósebuah kota yang menyimpan rahasia masa lalu ibunya. Diasuh oleh tiga perempuan kulit hitam bersaudara yang eksentrik, Lily diajak memasuki sebuah dunia lebah dan madu yang memikat, dan Black Madonna. Berhasilkah Lily mengungkap rahasia masa lalu ibunya? Dan, apakah Black Madonna itu?

Kisah menakjubkan tentang kekuatan perempuan yang agung ini dapat kita baca dalam buku The Secret Life of Bees karya Sue Monk Kidd yang diterbitkan oleh TransMedia. Buku ini merupakan buku pertama Sue dan berhasil menjadi #1 New York Times Bestseller.