Untuk sekadar menyarankan “ayo jagalah kesehatan”, memang mudah, namun kenyataannya sulit untuk dijalankan, bukan? Tentu butuh konsistensi dan ketelatenan untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Hal ini bisa saja terkait dengan budaya dan pola hidup sehat tidak dilatih sejak dini. Nah, untuk menuju ke arah itu, kita butuh strategi dan cara cerdas. Ini pun jika Anda percaya bahwa kesehatan itu investasi yang penting untuk dijaga.

  Pola hidup sehat terkait erat dengan mempraktikkan kata ‘disiplin’, misalnya disiplin untuk olahraga, mengatur pola makan, menjaga kebersihan makanan, menjaga sanitasi, kontrol ke dokter, dan rutin melakukan relaksasi. Walaupun terkesan klise, praktik disiplin dalam segala hal, terbukti bermanfaat dan merupakan saran yang manjur.

Untuk menggapai dan mewujudkan hidup sehat, memang butuh pengetahuan yang menyeluruh. Tidak saja paham perihal hidup bersih. Selain itu hidup sehat memang mengacu pada banyak hal, misalnya dari soal memilih makanan, mengenali kemasan makanan, mengenali rumah sehat, teknik memasak sehat, hingga cara pencegahan dan penanganan penyakit.

Buku Cara Cerdas untuk Sehat ini membukakan banyak rahasia hidup sehat tanpa dokter. Sehat tanpa dokter yang dimaksud adalah tidak setiap hari kita selalu membutuhkan dan bergantung dokter. Yang pasti buku ini mengajak kita untuk bertanggungjawab pada tubuh sendiri terkait kesehatan dan kebersihan. Pendek kata, buku ini coba mengajak pembaca untuk menjadi ‘dokter’ bagi diri sendiri dan keluarga, terutama dalam menangani masalah-masalah kecil terkait kesehatan. Selebihnya, hanya pada kondisi sakit ‘tertentu’ kita membutuhkan bantuan dokter.

Buku ini berisi petunjuk praktis cara hidup sehat secara menyeluruh. Buku yang disusun oleh dr. Surya Sugani dan Lucia Priandarini ini juga mengantarkan pembaca menuju cara hidup sehat dan praktis yang mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana dituliskan dalam pengantar buku terbitan Transmedia ini, buku ini memberikan petunjuk sederhana berbagai penyakit yang mungkin timbul, cara mencegah dan menanganinya, dan kapan harus mencari pertolongan dokter.

Apabila Anda yakin pada mensana in corpore sano, tentu buku ini penting Anda simak dan dipraktikkan. Pasalnya, lebih baik mencegah daripada mengobati. Salam sehat dan bugar!